Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • PT BPR BKK LASEM (PERSERODA)
  • Telp : (0295) 531130
  • Email :bprbkklasem@yahoo.com
  • PT BPR BKK LASEM (Perseroda) Berizin dan Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

PROFIL COMPANY

PT BPR BKK LASEM (Perseroda) didirikan pada tahun 1969 berdasarkan SK. Gub. KDH.Tk.l Jateng No: Dsa.G226/1969.Di awal pendiriannya, perusahaan ini berbentuk Badan Kredit Kecamatan (BKK), dan merupakan salahsatu program pemerintah daerah untuk memberantas "lintah darat" yang sangat merajalela dan mengganggu tatanan perekonomian masyarakat pedesaaan saat itu. Melalui BKK ini, masyarakat berpeng-hasilan rendah memiliki kesempatan memperoleh pinjaman kredit modal usaha untuk mengembangkan usahanya. Pada perkembangannya kemudian,BKK terbukti memiliki andil strategis dalam turut menggerakan simpul-simpul potensi ekonomi di pedesaaan. Atas dasar inilah,sejak tahun 1981seluruh BKKtermasukdi antaranya BKK Lasem ditingkatkan statusnya menjadi perusahaan daerah yang dimiliki bersama oleh Pemerintah Daerah Tingkat I (provinsi), Pemerintah Daerah Tingkat I I (kabupaten), dan Bank Pembangunan Daerah. Sejak saat itulah BKK Lasem berubah menjadi PD. BKK Lasem. Seiring dinamika perusahaan yang tumbuh semakin baik, melalui Paket Regulasi dan Debirokratisasi perbankan, sejak tahun 1991 berdasarkan izin operasi yang tertuang pada Kep. 368./Km.13/1991 tertanggal 8 Oktober 1991, PD. BKK Lasem berubah statusnya menjadi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) milik pemerintah daerah. Sejak saat itu, paska perubahan status menjadi BPR inilah, PT BPR BKK LASEM (Perseroda) berkembang sangat pesat dan kian memantapkan diri sebagai salah satu Perusda terbesar di Jawa Tengah. Sebagai sebuah bank lokal, PT BPR BKK LASEM (Perseroda) juga telah tumbuh menjadi salah satu BPR yang sehat dan menunjukkan performa kinerja keuangan yang sangat meyakinkan. Sebagai respon terhadap regulasi pemerintah dalam hal penguatan struktur permodalan perbankan, dan sebagai upaya menumbuhkan perusahaan perbankan milik pemerintah daerah yang sehat, efisien dan berdaya saing, pada tahun 2006, PD. BPR BKK Lasem bersama 10 PD. BPR BKK se-Kabupaten Rembang melakukan penggabungan (merger). Maka sejak tanggal 22 mei 2006, berdasarkan Keputusan Deputi Gubernur Bank Indonesia No. 8/7/KEP.DpG/ 2006, PD. BPR BKK Lasem secara resmi menjadi bank hasil merger 11 PD BPR-BKK se-Kabupaten Rembang. Paska merger, PD. BPR BKK Lasem menjelma menjadi sebuah perusahaan perbankan milik pemerintah daerah yang semakin kuat. Dengan dukungan jaringan infrastruktur operasional dan layanan yang semakin luas, PT BPR BKK LASEM (Perseroda) kembali memantapkan tekadnya menjadi perusahaan perbankan yang semakin sehat, berdaya saing tinggi, dan memberi manfaat nyata bagi peningkatan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di Kabupaten Rembang. Saat ini, setelah sepuluh tahun paska merger, PD. BPR BKK Lasem telah mengukuhkan dedikasinya sebagai salah satu perusahaan daerah BPR yang sehat dan berdaya saing tinggi. Komitmen perusahaan ini dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) telah menjadikan BPR ini memiliki keunggulan komparatif yang layak diandalkan. Kinerja keuangan perusahaan semakin tumbuh membanggakan, antara lain ditandai dengan peningkatan aset dan perolehan laba usaha yang sangat  signifikan.

 

 

DAYA DUKUNG DAN KEUNGGULAN PERUSAHAAN

Saat ini, di tengah kompetisi industri perbankan yang sangat ketat, PT BPR BKK Lasem bertekad menjadikan segala pencapaian yang telah dicapai pada tahun lalu sebagai pondasi untuk terus menumbuhkan setiap potensi yang dimiliki menjadi prestasi. Optimisme ini telah dibarengi berbagai kebijakan strategis perusahaan untuk selalu meningkatkan daya dukung perusahaan, baik dalam aspek infrastruktur operasional dan layanan maupun sumberdaya manusia perusahaan. Program-program peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang telah dikembangkan saat ini, sedang semakin difokuskan pada upaya peningkatan daya saing, kompetensi dan kapabilitas professional untuk membentuk SDM yang unggul secara personal. Sementara peningkatan kualitas infrastruktur operasional dan layanan dikembangkan pada pendayagunaan instrumen-instrumen teknologi modern guna terbentuk sistem kerja yang lebih efektif dan efisien Di sisi lain BPR BKK Lasem juga sedang terus mendorong berbagai langkah strategis untuk meningkatkan daya saing produk layanan yang dimilikinya melalui pengembangan fitur layanan. Upaya ini diharapkan mampu meningkatkan loyalitas dan kepercayaan nasabah dan stakeholder pada umumnya

 

JARINGAN OPERASIONAL & LAYANAN MERATA

Salah satu keunggulan lain yang dimiliki PT BPR BKK LASEM (Perseroda) adalah kantor jaringan operasional dan layanan yang merata di setiap kecamatan se-Kabupaten Rembang. Kantor pusat BPR BKK Lasem berada di lokasi yang sangat strategis, yaitu di Jalan Sultan Agung No. 2 Lasem. Selain itu, PT BPR BKK LASEM (Perseroda) juga didukung 10 (sepuluh) Kantor cabang yang berada di setiap kecamatan.Penyebaran kantor layanan ini menjadikan PT BPR BKK LASEM (Perseroda) memiliki jaringan pemasaran yang sangat luas.

 

SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)UNGGUL

Saat ini PT BPR BKK LASEM (Perseroda) didukung oleh 210 orang insan-insan perbankan profesional dan memiliki kualifikasi sesuai dengan bidang pekerjaanya masing-masing. Tradisi pelatihan dan pengembangan SDM yang semakin terarah dan terencana telah menghasilkan daya dukung kompetensi profesional yang memadai. Beberapa program pengembangan kualitas SDM yang secara rutin direalisasikan antara lain pendidikan dan pelatihan yang bertujuan meningkatkan skill perbankan, seperti selling skill dan pelatihan analis kredit. Perusahaan juga memberikan perhatian tinggi pada pengembangan minat dan

kepribadian SDM melalui berbagai kegiatan olah raga, outbound, family gathering, dan sejenisnya.

 

DAYA DUKUNG TEKNOLOGIINFORMASI (IT)

Seluruh kegiatan operasional dan layanan di BPR BKK Lasem telah didukung oleh infrastruktur teknologi informasi (IT) yang modern, handal dan terbaik. Ini diperlukan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan setiap transaksi keuangan yang dilakukan setiap nasabah di PT BPR BKK LASEM (Perseroda). Daya dukung IT yang dimiliki saat ini selain memberi kapasitas yang sangat memadai dalam mengcover seluruh kebutuhan peiayanan nasabah, juga mampu menjamin seluruh kegiatan operasional di seluruh jaringan layanan kantor cabang dapat terintegrasi dengan kantor pusat secara real time online menggunakan

infrastruktur IT setara bank umum yaitu menggunakan core banking yang didukung dengan mesin IBM AS400 i-series serta komunikasi jaringan memakai fiber optic (FO) dengan kapasitas yang memadai.

 

PRODUK LAYANAN UNGGUL

Sesuai dengan jatidirinya sebagai lembaga keuangan milik Pemerintah Daerah, PT BPR BKK LASEM (Perseroda) menyediakan produk dan jasa layanan perbankan yang berkomitmen tinggi pada pemberdayaan potensi ekonomi masyarakat, khususnya segmen masyarakat menengah ke bawah dan pelaku usaha skala kecil dan mikro. Walaupun demikian, PT BPR BKK LASEM (Perseroda) menyediakan produk layanan yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan dapat dinikmati seluruh kalangan, baik pedagang, pegawai, pensiunan, perorangan, kelompok usaha

 

TABUNGAN

Produk layanan Tabungan di PT BPR BKK LASEM (Perseroda) didesain agar dapat memberikan beragam keuntungan bagi nasabahnya. Selain sangat fleksibel, dana Tabungan juga aman karena dijamin oleh pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Nasabah juga memperoleh kesempatan mendapatkan hadiah-hadiah fantastis seperti mobil, sepeda motor dan aneka perlengkapan elektronika yang diundi 1 (satu) kali dalam setahun, yaitu pada bulan Oktober. Terdapat beberapa pilihan produk tabungan yang disediakan, antara lain: TAMADES,TAMADES Plus, TAMASDA danTabunganKu dan Tabungan SIMPEL.

 

DEPOSITO

Deposito adalah produk layanan simpanan dana dengan masa keterikatan berjangka waktu tertentu. Produk Deposito di PT BPR BKK LASEM (Perseroda) telah dirancang menjadi salah satu alternatif investasi dana yang aman dan sangat menguntungkan, Deposito 1 Bulan, 3 Bulan, 6 Bulan dan 12 Bulan.

 

KREDIT

Produk layanan Kredit merupakan wujud komitmen PT BPR BKK LASEM (Perseroda) untuk menjalin kerjasama kemitraan dengan berbagai potensi ekonomi dalam masyarakat. Selain persyaratan yang mudah, layanan kredit di PT BPR BKK LASEM (Perseroda) juga ditangani oleh staf pegawai lapangan dan analis yang profesional, estimasi yang presisi dan ramah dalam pelayanan.

 

PERKEMBANGAN KINERJA KEUANGAN

Strategi pengelolaan usaha yang tepat disertai kebijakan pengembangan daya dukung yang berkelanjutan telah menghasilkan kinerja operasional yang tumbuh positif. Hal ini antara lain tercermin dari tradisi pertumbuhan usaha yang mampu terjaga dalam beberapa tahun terakhir. Secara kuantitatif, kinerja operasional PD BPR BKK Lasem sepanjang 2011 - 2016 lalu telah membukukan tingkat pertumbuhan yang sangat signifikan. Total Aset Hingga akhir 2016 lalu, total aset PT BPR BKK LASEM (Perseroda) telah mencapai Rp496,867 miliar, tumbuh 23,19% dari tahun 2015 yang sebesar Rp457,131 miliar. Jika dibandingkan dengan  pencapaian kinerja 2012 yang masih sebesar Rp.277,041 miliar, maka aset total PT BPR BKK LASEM (Perseroda) per 2016 telah mencatat tingkat pertumbuhan yang cukup fantastis, yaitu sebesar 79,35%. Penghimpunan Dana Masyarakat Dana masyarakat murni yang berhasil dihimpun melalui Tabungan dan Deposito sampai akhir 2016 lalu mencapai Rp425,868 miliar, tumbuh 12,57% dari tahun 2015 yang baru sebesar Rp378,321 miliar. Pencapaian ini, khususnya peningkatan yang cukup signifikan pada penghimpunan dana masyarakat, selain merupakan bukti nyata tingginya kepercayaan masyarakat untuk menginvestasikan dananya di PT BPR BKK LASEM (Perseroda), juga mencerminkan keberhasilan perusahaan dalam membangun citra produk yang berdaya saing tinggi.

 

Outstanding Credit (OSC)

Keberhasilan fungsi intermediasi sebuah bank antara lain diindikasikan dari pencapaian penyaluran kredit. Hingga akhir 2016 lalu, total kredit yang diberikan (outstanding credit/OSC) kepada masyarakat telah mencapai Rp377,243 miliar, mengalami pertumbuhan sebesar 8,69% dari tahun 2015 yang sebesar Rp334,285 miliar. Selain disalurkan pada sektor konsumtif dan investasi, penyaluran kredit PD BPR BKK Lasem juga diprioritaskan kepada sektor ekonomi produktif khususnya para pelaku usaha kecil dan mikro yang memiliki multiplayer effect bagi masyarakat di sekitarnya. Laba Usaha (profitabilitas) Grafik di bawah ini menggambarkan kemampuan PT BPR BKK LASEM (Perseroda) dalam meningkatkan perolehan laba perusahaan. Akhir 2015 silam, laba usaha yang berhasil dibukukan masih sebesar Rp10,964 miliar, sementara pada akhir 2016 lalu PT BPR BKK LASEM (Perseroda) telah mampu menghasilkan laba sebesar Rp11,129 miliar. Hal ini menunjukkan bahwa sebagai sebuah perusahaan daerah, PT BPR BKK LASEM (Perseroda) mampu berperan sebagai salah satu sumber PAD yang dapat diandalkan bagi Pemkab Rembang dan Pemprov Jawa Tengah sebagai pemilik. Pertumbuhan kinerja operasional perusahaan dalam beberapa tahun terakhir sebagaimana dijelaskan pada grafik-tersebut di atas, semakin mengukuhkan PT BPR BKK LASEM (Perseroda) sebagai BPR yang semakin kuat. Kepercayaan masyarakat sebagai salah satu instrumen terpenting perusahaan perbankan juga mampu dicapai dengan baik. Per Desember 2016 lalu, PD. BPR BKK Lasem telah melayani 47.287 orang nasabah simpanan dan 9.900 orang nasabah kredit. Dedikasi PT BPR BKK LASEM (Perseroda) dalam mendorong pertumbuhan potensi ekonomi pedesaan dibuktikan dengan adanya fasilitas kredit bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hampir di seluruh sector usaha dalam masyarakat.

 

MENATAP OPTIMISME

Tradisi kinerja operasional perusahaan yang selalu tumbuh semakin mendapatkan perhatian segenap manajemen perusahaan. Seiring berbagai program perbaikan fasilitas operasional dan layanan perusahaan, PT BPR BKK LASEM (Perseroda) kian menunjukkan dedikasinya sebagai salah satu BPR milik pemerintah daerah yang sehat. Memasuki tahun 2017 ini, seluruh pencapaian kinerja operasional yang telah mampu dicapai tersebut sedang terus didorong untuk mencapai tingkat produktifitas yang jauh lebih baik. Fasilitas operasional dan pelayanan yang jauh semakin baik, kiranya menjadi modal yang sangat strategis bagi seluruh manajemen dan pegawai di PT BPR BKK LASEM (Perseroda) dalam meningkatkan kinerjanya. Pada akhirnya, seluruh komitmen peningkatan kinerja tersebut bermuara pada pemerataan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Rembang dan sekitarnya.

 

PENUTUP

Bersama segenap potensi yang dimiliki saat ini, PT BPR BKK LASEM (Perseroda) senantiasa bertekad selalu mentradisikan pertumbuhan kinerja yang terus meningkat signifikan, sehat dan berdaya saing tinggi dengan paradigma "Setia melayani, tulus mengabdi". Sebuah upaya sistematis guna mencapai keselarasan dan harmoni sinergis antara seluruh potensi perusahaan dengan setiap potensi ekonomi yang ada dalam masyarakat. Paradigma ini diharapkan dapat diimplementasikan secara nyata sebagai bagian tak terpisahkan dari setiap inspirasi dan motivasi pelayanan seluruh elemen dalam perusahaan. Dengan demikian, optimisme PT BPR BKK LASEM (Perseroda) mewujudkan sebuah tatanan masyarakat yang makmur, sejahtera dan mandiri di Kabupaten Rembang dan sekitarnya khususnya, dapat segera terwujud nyata.